Cara Membuat Bak Fiberglass dan Harga Bak Fiberglass

Dibandingkan dahulu, kini mencari produsen yang membuat bak fiberglass tidak terlalu sulit. Ada hanya perlu mengunjungi pihak produsen lalu memesannya. Tentunya ini akan menjadi cara yang praktis, untuk memperoleh bak fiber yang Anda inginkan. Anda bisa menghubungi Bengkel Fiberglass Indonesia untuk mendapatkan penawaran harga bak fiberglass yang sangat terjangkau namun dengan kualitas terbaik. Namun jika Anda ingin membuatnya sendiri, sebagai sebuah prakarya pribadi. Sepertinya tidak terlalu sulit. Hanya yang jelas, prosesnya membutuhkan waktu, dan sedikit ketelatenan, agar hasilnya rapi.

Cara Membuat Bak Fiber

Untuk Anda yang berminat untuk membuat bak fiberglass, sendiri, maka ini akan menjadi ulasan yang tepat. Tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu :

  • Persiapan bahan  

Tahap pertama adalah mempersiapkan bahan yang akan digunakan dalam membuat bak fiber tersebut. Dalam hal ini, Anda sebaiknya mempersiapkan resin, serat mat, talk, katalis, dan juga pewarna.  Campurkan bahan-bahan seperti resin, talk dengan perbandingan 1:1, kemudian diaduk terus sambil ditambahkan katalis sebanyak 10 hingga 12 tetes, kemudian aduk kembali hingga rata. Jika terlalu banyak katalis, maka adonan akan menjadi mudah keras. 

  • Pembentukan 

Setelah bahan selesai disiapkan, berikutnya Anda perlu membuat lapisan pertama pada cetakan, dengan dimulai dari diletakkannya serat fiber yang kemudian dioles dengan cairan yang telah dibuat sebelumnya. Namun sebelumnya, pastikan permukaan cetakan bersih dari berbagai macam debu yang menempel. Akan lebih baik jika Anda menambahkan Mirror Glaze Mold Release, agar mudah dilepaskan dari cetakan. Aplikasikan adonan tersebut menggunakan kuas. Anda mempunyai waktu sekitar 30 menit, sebelum akhirnya adonan mengeras. Jika selesai 1 lapis, sebaiknya diamkan selama 10 menit, hingga agak mengering. Lakukan berulang, hingga seluruh lapisan cetakan tertutupi, dan tunggu hingga agak mengering.  

  • Teknik pelapisan 

Pada teknik pelapisan kedua, dan seterusnya, Adonan yang digunakan hanya resin dan katalis saja. Jika menambahkan talk, maka hasilnya jadi terlalu berat. Sedangkan pada lapisan pertama, talk digunakan sebagai pondasi utama. 

Pada lapisan kedua tersebut, Anda hanya cukup mengoleskannya ke seluruh permukaan cetakan secara merata dan juga rapi. Teknik seperti ini dapat Anda lakukan hingga minimal 3 lapisan. Tidak perlu terlalu tebal. Asalkan cukup kuat menampung air.  

Setelah teknik pelapisan dan pelapisan selesai dilakukan, maka selanjutnya adalah masuk ke tahap pengeringan. Teknik ini sebaiknya dilakukan selama 6 hingga 8 jam. Akan lebih baik, jika teknik ini dilakukan tepat di bawah terik matahari. Jika sudah benar-benar kering, Anda dapat melakukan proses finishing agar bak tersebut terlihat lebih kinclong. Untuk itu, sebaiknya tambahkan fiber secara tipis dan merata.   

Memesan Bak Fiberglass

Apabila Anda ingin yang lebih praktis, ada baiknya jika memesannya secara langsung di produsen bak fiberglass atau produsen fiber yaitu Bengkel Fiberglass Indonesia. Selain harga bak fiberglass yang murah, anda akan mendapatkan kualitas terbaik. Untuk memperoleh bak yang tepat, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal berikut, seperti :

Bak Fiberglass. Bengkel Fiberglass Indonesia.
  • Ukuran

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ukuran. Seperti diketahui bersama, ukuran bak fiberglass ini cukup beragam. Anda dapat memilih ukuran yang sesuai kebutuhan. Atau dalam hal ini, Anda dapat memperhatikan kebutuhan akan bak fiberglass tersebut. Apakah akan dibuat sebagai kolam ikan, sebagai bak mandi, kolam renang anak atau yang lainnya. 

  • Fitur di dalamnya

Selain itu, Anda juga dapat memperhatikan fitur-fitur yang ada di dalam bak tersebut. Misalnya saja, Anda hendak menyematkan lubang khusus untuk pembuangan air, kotak khusus di samping bak, untuk menyimpan sesuatu, dan yang lainnya. 

  • Harga

Hal lain yang juga tidak boleh ketinggalan adalah harga. Apabila Anda masih bingung menentukan kisaran harga bak yang diinginkan. Ada baiknya jika melakukan serangkaian survei. Misalnya saja, mencari kisaran harga tersebut melalui media online seperti internet, atau mengunjungi penyedia pembuat fiber secara langsung. 

Untuk memperoleh produk bak fiberglass yang tepat, tentunya tidak boleh sembarangan. Anda harus memesan di tempat yang tepat, yang mampu mengerjakan bak tersebut secara profesional, baik dari segi penggunaan bahan, dan pembuatan bak itu sendiri. Adapun proses pembuatan bak itu sendiri umumnya tidak terlalu lama. Umumnya hanya beberapa hari, hal tersebut tergantung dari kondisi matahari, dalam proses pengeringan produk. Semoga bermanfaat.


Dudung Rustandi:

View Comments (1)

  • Selamat siang dan mohon informasi tentang biaya pembuatan bak dan tutup yang tebuat dari bahan fiberglass (t=3mm) dengan ukuran 50x50x60 cm yang panjang 60 cm disekat menjadi 3 ruangan, sehingga ada 3 ruangan berukuran 50x50x20 cm. Memiliki lubang in-let dan out-let diameter 4 cm dan lubang skat ruangan dengan diameter 7,5 cm

    Demikian dan terimakasih atas informasinya

    Salam kenal dari pak Krish Madyono HW

Related Post

This website uses cookies.