Bak Fiberglass dan Cara Merawatnya

Walaupun bak berbahan fiberglass ini sendiri terbilang awet, namun ada baiknya jika Anda tetap mengetahui cara untuk merawatnya, agar bak tersebut tetap awet dan terlihat selalu mengkilap. Terutama jika bak tersebut Anda letakkan di luar ruangan yang selalu terkena berbagai macam cuaca secara langsung, seperti terik matahari, suhu yang ekstrim dan yang lainnya.  Untuk mengetahui bagaimana cara untuk merawat bak berbahan dasar fiber ini sendiri, simak penjelasan kami Bengkel Fiberglass Indonesia yaitu :

bak fiberglass
Bak Fiberglass, Bengkel Fiberglass Indonesia.
  1. Gunakan sebagaimana mestinya 

Untuk merawat bak fiberglass maka Anda perlu memperhatikan fungsi dari bak berbahan fiber itu sendiri. Seperti diketahui bersama, bak tersebut dapat digunakan menjadi berbagai macam fungsi, seperti bak mandi, kolam renang, bak hidroponik, bak budidaya ikan dan yang lainya. Pergunakan bak tersebut sebagaimana mestinya, dan hindari penggunaan produk, untuk hal lainnya. 

  1. Letakkan di tempat yang tepat

Walaupun bak yang satu ini terbilang awet, dan dapat diletakkan dimana saja. Namun tetap saja, untuk menjaga agar bak tersebut tetap awet, Anda sebaiknya tidak menyimpan bak tersebut di sembarang tempat. Simpan atau letakkan produk tersebut di tempat yang tepat. Misalnya saja bak mandi berbahan fiber, maka Anda harus meletakkannya di kamar mandi. 

Produk Terkait :  Pengadaan Kontainer Sampah dan Caranya Mengikutinya

Sedangkan untuk bak hidroponik atau bak kolam ikan, ada baiknya jika Anda meletakkannya di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Meletakkan tepat di atas tanah memang tidak masalah. Namun alangkah baiknya jika di bagian atasnya tertutup, seperti menggunakan asbes, fiber atau bahan lainnya. 

Bak yang terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung, dan terus menerus, maka lambat laun warnanya akan pudar, dan juga tingkat kekuatan bak, perlahan akan menurun. 

  1. Bersihkan secara rutin

Hal lain yang juga harus Anda lakukan, untuk merawat bak fiberglass tersebut adalah dengan membersihkannya secara rutin. Terlalu sering berhubungan dengan air, membuat bak tersebut mudah berlumut, dan membuat bagian dalam dari bak tersebut terlihat kurang menarik, dan warnanya terlihat pudar. 

Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya membersihkan bak tersebut secara teratur. Untuk bak kamar mandi menggunakan bahan fiber misalnya. Anda dapat melakukannya setidaknya 1 minggu sekali. Lain jika bak tersebut adalah bak untuk hidroponik atau untuk kolam ikan. Maka proses pembersihannya dapat dilakukan setidaknya 1 kali dalam 1 bulan. Demikian pula, jika bak tersebut digunakan sebagai kolam renang atau yang lainnya. 

Produk Terkait :  Keunggulan Bak Fiberglass dan Fungsinya

Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan lap yang sebelumnya sudah dicelupkan dengan sabun pembersih yang tepat. Kemudian gosokkan pada seluruh permukaan bak, gosok secara perlahan, dan jangan terlalu keras, agar permukaan serat tidak rusak. Setelah dirasa bersih. Anda dapat membilasnya hingga bersih, dan bak dapat digunakan kembali. 

  1. Menjaga kilau bak fiberglass

Agar bagian permukaan bak tetap terlihat berkilau dan cantik. Maka Anda perlu merawat bagian gelcoat. Ini adalah lapisan terluar dari bahan fiber tersebut, hasilnya bak tersebut terlihat lebih berkilau. Untuk menjaga agar lapisan tersebut tetap berkilau, seperti yang disebutkan diatas, Anda sebaiknya jangan meletakan bak tersebut, tepat di bawah sinar matahari.  

Untuk menjaga kilau Gelcoat ini tetap awet, Anda dapat menyiramnya. Kali ini oleskan wax ke seluruh permukaan bak. Adapun wax yang sebaiknya digunakan adalah wax khusus untuk bak fiberglass, dan jangan menggunakan sembarang wax. 

  1. Mengatasi bak fiberglass yang bocor

Jika bak mengalami kerusakan, atau dalam hal ini bocor, maka cara mengatasinya tidak sulit. Yang Anda butuhkan kali ini adalah lem fiber, lalu serat fiber dan juga kuas. Jika lubang yang ada ukurannya kecil. Maka Anda dapat mengoleskan lem pada permukaan bak secara langsung menggunakan kuas. Teknik ini dapat dilakukan selama beberapa kali, hingga lubangnya tidak terlihat lagi. Sedangkan jika lubangnya agak besar, maka Anda dapat menggunakan serat fiber, untuk menambalnya. Mula-mula susun serat fiber di atas permukaan yang sebelumnya sudah diolesi lem, dan timpa kembali menggunakan lem, hingga benar-benar kuat.   

Produk Terkait :  Harga Jual Bak Fiber Kolam Ikan Fiberglass

Tentunya tidak sulit untuk menjaga agar bak fiberglass tersebut tetap awet. Anda yang hendak atau sudah memiliki bak tersebut di rumah.  Ada baiknya jika merawat dengan bak, sesuai dengan ulasan di atas, agar bak berbahan fiber tersebut mampu awet lebih lama. Semoga penjelasan dari kami Bengkel Fiberglass Indonesia dapat dimengerti. Semoga bermanfaat.

pesan via WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.