FRP Lining 101 : Apa itu FRP Lining?

Bagi anda yang penasaran dengan apa itu FRP lining, maka berikut ini adalah informasi yang akan kami berikan seputar pengertian lining FRP, penggunaan anda juga cara pengerjaan dari pelapisan fiberglass ini. Berikut penjelasan Bengkel Fiberglass Indonesia berikut ini. 

frp lining
FRP Lining, Bengkel Fiberglass Indonesia.

Apa itu lining FRP?

Hal pertama yang akan kami bahasa dari lining FRP adalah mengenai pengertiannya. Lining FRP merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk memberikan lapisan sebuah benda dengan menggunakan FRP. FRP sendiri adalah singkatan dari Fiberglass Reinforced Plastics. Bahan ini merupakan bahan komposit yang merupakan hasil dari penemuan teknologi. 

FRP memiliki sangat banyak kelebihan. Pasalnya sebagai salah satu komponen yang dibuat oleh pabrikan, FRP sudah pasti dibuat dengan keunggulan-keunggulannya. Karena keunggulan yang dimilikinya ini FRP menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk memberikan pelapisan pada bahan lainnya. 

Tujuan dari pelapisan dengan menggunakan bahan FRP ini adalah untuk membuat produk yang dilapisi menjadi lebih kuat dan tahan terhadap karat dan juga bahan kimia yang keras. Hal inilah yang membuat kemunculan istilah lining FRP yaitu pelapisan dengan menggunakan FRP (Fibreglass Reinforced Plastics). 

Produk Terkait :  Jual Tangki STP Fiberglass Anti Pecah

Penggunaan FRP Lining

Lalu bagaimana dengan penggunaan dari lining FRP ini? Untuk masalah penggunaannya,  ini banyak di digunakan untuk kegiatan industri. Mengapa? Hal ini disebabkan karena hal-hal yang berbau industri pasti sangat lekat dengan keberadaan bahan yang sifatnya asam bukan? Selain itu, ketika berada di lingkungan industri pasti anda akan menemukan banyak sekali komponen yang terbuat dari bahan besi. Bahan-bahan besi ini jika tidak dilindungi akan muncul karat yang pada akhirnya akan menyebabkan proses yang terjadi dalam industri menjadi tidak higienis. 

Lalu perusahaan apa saja yang biasanya menggunakan proses pelapisan FRP ini? Untuk jenis industri yang biasa menggunakan pelapisan FRP ini antara lain adalah 

  • Industri bahan kimia 

  • Industri oli dan gas

  • Industri pertambangan 

  • Proyek pembangunan 

  • Dan contoh terakhirnya adalah pembangkit listrik

Industri ini merupakan industri yang sangat lekat dengan masalah bahan kimia dan juga pengkaratan, oleh karena itu, industri ini sangat banyak memanfaatkan FRP lining untuk membuat proses dalam industri mereka menjadi lebih aman. 

Langkah melakukan FRP Lining 

Lalu bagaimana proses pelaksanaan Fiberglass Lining ini? Untuk prosesnya pelapisan Fiberglass ini terbaik menjadi 3 proses yaitu proses grinding, proses layering dan juga proses top coating. Bagaimana alur dari proses ini? Berikut ini adalah ulasannya. 

  • Proses grinding 

Produk Terkait :  Jual WC Portable Skala Besar dan Kecil

Proses ini adalah proses pertama yang anda lakukan setelah proses pembangunan selesai. Ketika proses pembangunan selesai dan permukaan dari bagian yang akan dan lapisi sudah kering, maka mulailah proses ini. Proses ini dilakukan dengan cara mengikis permukaan dari produk yang akan anda lapisi. Proses pengikisan ini dikikis dengan menggunakan alat seperti sikat kawat ataupun ampelas sehingga permukaan menjadi lebih kasar. Permukaan kasar ini ditujukan agar pelapisan dapat lebih mudah dilakukan dan lapisan lebih menempel. 

  • Proses lining layer 

Selanjutnya adalah proses lining layer. Proses lining layer ini adalah proses yang dilakukan pasca dilakukan pengikisan. Proses ini dilakukan dengan melakukan pelapisan selapis demi selapis berulang kali. Pelapisan dilakukan bertahap mulai dari 1 lapis hingga n lapis sesuai kebutuhan. Setiap pelapisan dilakukan setelah lapisan sebelumnya kering dan setelah di pastikan tidak ada gelembung udara. 

  • Proses Top coating 

Merupakan proses terakhir yang dilakukan dalam lining FRP. Proses ini adalah proses pemberian resin pada lapisan terakhir dari lining FRP. Lapisan ini merupakan lapisan yang digunakan untuk memberikan efek glossy pada lapisan fiberglass dan memberikan perlindungan. Dapat pemberian top coating ini resin bisa dicampur dengan menggunakan tambahan bahan aditif saat pelapisan terakhir dengan tujuan tidak lengket. Selain pemberian bahan aditif, pada pelapisan terakhir ini juga bisa ditambah dengan menggunakan parafin dan juga pigmen untuk memberikan warna pada lapisan fiberglass. 

Produk Terkait :  Harga Tangki IPAL Komunal Fiberglass Anti Korosif

Memang sangat mudah bukan untuk memberikan lapisan Fiberglass  ini pada produk akan tetapi jika tidak dilakukan dengan benar oleh jasa yang tepat, maka proses bisa saja gagal karena kurangnya pengalaman jasa dalam memberikan pelapisan fiberglass.

Jika anda berminat untuk mendapatkan jasa kami mengenai pelapisan lining FRP ini, segera anda hubungi tim marketing kami di Bengkel Fiberglass Indonesia. Dan dapatkan segera informasi lebih lanjut dan penawaran harga yang menarik untuk anda. Jangan lewatkan, semoga bermanfaat.

pesan via WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.