Manfaat & Keunggulan Bak Fiberglass Untuk Budidaya Ikan

Bagi Anda yang ingin budidaya ikan, namun masih bingung memilih jenis kolam dan bahan untuk membuat kolam ikan ! Tidak ada salahnya jika mencoba untuk menggunakan kolam atau bak fiber. Bengkel Fiberglass Indonesia akan menjelaskan beberapa manfaat bak fiberglass. Ada cukup banyak manfaat dan keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan bak fiberglass atau jenis kolam yang satu ini, untuk budidaya ikan, antara lain ; 

bak fiberglass
Bak Fiberglass, Bengkel Fiberglass Indonesia.
  1. Harganya yang lebih terjangkau

Keuntungan pertama ketika menggunakan bak fiberglass, pada budidaya ikan adalah harganya yang terbilang terjangkau, jika dibandingkan jenis kolam ikan lainnya. Untuk harganya sendiri tentunya cukup bervariasi, tergantung ukuran bak fiber yang hendak dibeli. 

  1. Bahannya ringan 

Salah satu dari beberapa keunggulan bak dari bahan fiber ini adalah ringan. Walau ringan, namun bahan yang satu ini terbilang cukup kuat menampung banyak air, dan juga ikan di dalamnya. Anda pun dapat lebih leluasa dalam melakukan budidaya berbagai macam jenis ikan. 

Keunggulan lainnya adalah bahan material yang satu ini tahan terhadap berbagai macam cuaca, baik panas maupun hujan, apalagi suhu tinggi. Alhasil, produk yang satu ini tidak mudah rusak, atau juga retak, walaupun diletakkan di luar ruangan. Jika Anda mampu merawatnya dengan baik, maka bak yang satu ini tidak akan mudah bocor. 

  1. Ukuran yang lebih bervariasi 

Produk Terkait :  Keunggulan Bak Fiber Untuk Budidaya Ikan Koi

Seperti yang selintas dijelaskan di atas, ukuran bak fiber sendiri cukup beragam. Ada yang ukurannya kecil hingga yang ukurannya besar. Bak berukuran kecil misalnya 100 x 60 x 40 cm, ada juga ukuran 120 x 80 x 40 cm, dan yang lainnya. Umumnya bak tersebut mampu menampung volume air sekitar 240 liter ke atas. Ukuran yang paling besar, biasanya sekitar 400 x 300 x 100 cm, yang sanggup menampung sekitar 12. 000 liter. Tidak hanya mampu menampung jumlah ikan yang cukup banyak, namun ukuran tersebut, juga dapat Anda gunakan sebagai kolam renang mini untuk anak.  

  1. Lebih efisien 

Tahukah Anda, menggunakan bak fiber seperti ini terbilang cukup efisien. Dimana Anda tidak perlu menggali lubang untuk membuat kolam ikan. Anda hanya perlu memilih ukuran kolam atau bak ikan yang dibutuhkan, dan sisanya diletakkan di atas tanah. Ini akan menjadi teknik pembuatan kolam yang cukup efektif, terutama di lahan terbatas. Khusus untuk kolam-kolam atau bak-bak berukuran kecil, Anda dapat menyusunnya ke arah atas, atau bertumpuk. Sedangkan untuk kolam ikan yang ukurannya lebih besar, Anda dapat menyusunnya di atas tanah. 

Produk Terkait :  Cara Membuat Bak Fiberglass dan Harga Bak Fiberglass

Dengan teknik bertumpuk seperti ini, maka proses pembuatan kolam pemijahan, penangkaran dan yang lainnya jadi terbilang lebih mudah dan efisien. Sedangkan kolam pembesaran sendiri, dapat diletakkan di bagian bawah. 

Sama seperti kolam ikan pada umumnya, dimana Anda dapat meletakkan berbagai macam bahan yang dibutuhkan untuk proses pembibitan ikan, seperti ijuk, atau yang lainnya. 

  1. Memiliki fasilitas lengkap 

Keunggulan lainnya dari bak berbahan fiber ini adalah fasilitasnya yang terbilang lengkap. hanya dengan 1 harga, Anda akan memperoleh semuanya, tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Yang dimaksud disini adalah adanya lubang khusus untuk membuang air, dan yang lainnya. Walaupun terlihat sepele, namun jika dibandingkan membuat kolam ikan sendiri, dengan cara menggali tanah, umumnya saluran untuk membuang air, tidak dapat dibuat secara langsung. Ada beberapa tahapan tambahan, yang pastinya membutuhkan budget tambahan. 

  1. Teknik perawatannya juga mudah

Keuntungan lainnya dari bak berbahan fiber ini adalah teknik perawatannya yang terbilang mudah. Tidak seperti bahan kolam ikan lainnya. Kolam yang satu ini hanya perlu digosok atau dilap saja. Untuk menjaga kebersihan dan kilap warna kolam itu sendiri. 

Produk Terkait :  Kontainer Sampah 6M3 Anti Karat Bahan Fiberglass

Sedangkan jika terjadi kebocoran, Anda hanya perlu menambalnya dengan memberikan serat mat, yang dilapisi dengan cat anti bocor. Tentunya proses seperti ini tidak sekali, namun dapat dilakukan 2 kali, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Apabila Anda ingin membudidayakan ikan menggunakan bak fiber seperti ini, sebaiknya perhatikan aneka ukuran bak yang hendak dibeli, kemudian sesuaikan dengan kebutuhan bak dan kolam ikan itu sendiri. Bak fiber sendiri kini tidak sulit dicari, di beberapa penjual bahan fiber atau bahkan di penjual ikan, pun Anda akan menemukannya. Anda bisa menghubungi kami Bengkel Fiberglass Indonesia untuk mendapatkan produk seperti ini. Segera hubungi kami dan dapatkan informasi lebih lanjut dan penawaran harga yang menarik bagi anda. Semoga bermanfaat.

pesan via WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.