Pemasangan Bio Septic Tank dan Cara Kerjanya

Tentunya anda sering mendengar tentang bio septic tank yang digunakan sebagai pengolahan limbah. Sebenarnya bagaimana manfaat, pemasangan serta cara kerja dari bio septic tank? Simak ulasan Bengkel Fiberglass Indonesia mengenai bio septic tank berikut ini.

Bio septic tank biasa juga dikenal dengan biological filter septic tank yang digunakan untuk pengolah limbah menjadi air biasa yang kemudian dapat dialirkan langsung ke pembuangan tanpa menyebabkan bau sedikitpun. Bio septic tank adalah salah satu produk yang dirancang sebagai pengganti dari sepiteng yang terbuat dari fiberglass yang memiliki anti korosi dan dilengkapi sistem pengolahan limbah. Alat ini juga terdapat bio filter sebagai penyaring dan juga sering kali digunakan untuk apartement, pabrik, mall dan lain sebagainya. 

Seperti halnya yang sudah diketahui bahwa bakteri yang dapat mencemari lingkungan biasanya timbul dari bakteri e-coli. Bakteri ini penyebab dari penyakit diare dan lain-lain. Hal ini sangat berbahaya jika limbah tersebut mencemari lingkungan. Beberapa bahayanya adalah seperti air sumur akan berubah warna dan berbau. Oleh karena itu, sekarang kebanyakan orang sudah beralih ke bio septic tank yang modern ketimbang yang konvensional. 

Produk Terkait :  4 Kelebihan Memiliki Bio Septic Tank di Rumah Anda

Bio septic tank juga memiliki manfaat atau kegunaan seperti tidak akan menimbulkan polusi udara karena berbau, tidak akan membutuhkan tempat yang luas, sulit untuk terjadi bocoran ke penampungan anda, kualitas produk atau alat bio septic tank ini juga tahan lama dan yang paling penting adalah biaya beli dan maintenance tidak terlalu mahal dan sangat terjangkau. 

pemasangan bio septic tank
Bio Septic Tank 2000 Liter, Bengkel Fiberglass Indonesia.

Cara Pemasangannya Yang Baik dan Benar Dari Tangki Bio Septic

Bio septic tank adalah tempat yang dapat menampung limbah dengan aman dan ramah lingkungan. Anda tidak perlu khawatir dengan tempat tinggal yang mungkin akan tercemar oleh limbah. Tangki dari septic tank sudah didesain khusus dengan ketebalan yang dapat menahan air di dalam tanah. 

Ada beberapa cara bagaimana pemasangan septic tank yang baik dan benar. Yang pertama adalah menentukan lokasi ketika melakukan pemasangan. Pasang bio septic tank dengan 10 m dari posisi dekat sumur karena dianggap lebih aman dan efektif sehingga kalau sudah ingin mengganti septic tank. Sumur tidak perlu dibuat ulang lagi. Langkah kedua adalah membuat galian tanah untuk septic tank. Ukurannya harus sesuai dengan saluran pipa WC. Selanjutnya, memasang septic tank dan memasukkan air pertama. Langkah terakhir adalah memasukkan air kedua, isilah air hingga memenuhi setengah volume tangki dengan tanah.

Produk Terkait :  Kenali 4 Ciri Produsen Tangki Fiber yang Bagus dan Terpercaya

Untuk pemasangan yang baik dan benar terhadap bio septic tank harus memiliki pipa sebagai saluran ventilasi yang akan digunakan sebagai sirkulasi udara. Ini akan membantu saluran septic tank tidak akan tersumbat dan bakteri pengurai juga akan berkembangbiak. Tambahkan penutup diatas bio septic tank yang menggunakan cor beton agar lebih aman. 

Bagaimana Cara Kerja Bio Septic Tank? 

Septic tank memiliki manfaat sebagai tempat yang dapat mengurai bakteri. Cara kerjanya juga cukup mudah limbah akan masuk melalui pipa-IN yang terdapat pada tangki. Kemudian Bio septic tank memiliki 3 bagian yang pertama adalah filter awal atau biasa disebut dengan biofilter-honeycomb. Ini berfungsi sebagai pemisah antara kotoran yang padat dan cair. Yang kedua adalah filter air kotor yang dilengkapi dengan bio ball atau bola-bola filter yang bisa menyaring air kotor.  Limbah diolah kembali dengan baik melalui media cell ini atau bioball. 

Bagian terakhir adalah filter utama yang berfungsi untuk mengurai bakteri yang terdapat di dalam air kotor. Bakteri pengurai yang ada di dalam bio septic tank akan bekerja aktif agar dapat mengurai dengan baik sehingga tidak akan menyebabkan pencemaran lingkungan. Di tahap ini limbah sudah hancur dan cair kemudian akan melewati bagian akhir dari filter yang terdapat di bio septic tank yaitu disinfektan tube atau media yang berfungsi untuk membunuh bakteri. Setelah melewati itu semua akan ada pembersihan tangki atau biasa disebut dengan cleaning tube. 

Produk Terkait :  Jual Septic Tank Biotech Fiberglass Harga Sesuai

Bio septic tank juga dibuat dengan fiber sehingga produk yang berkapasitas kecil dapat menampung limbah atau kotoran dari 4 orang sampai dengan 12 orang sedangkan untuk produk bio septic tank yang berkapasitas besar seperti yang digunakan gedung-gedung besar, hotel dan sebagainya.  Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, anda bisa menghubungi marketing kami Bengkel Fiberglass Indonesia. Dan dapatkan penawaran harga terbaik untuk anda. Semoga bermanfaat.

pesan via WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.