Pentingnya Penggunaan Tangki IPAL WTP Pada Industri

Limbah industri adalah hal yang paling membahayakan lingkungan jika tidak diolah terlebih dahulu. Pemerintah telah membuat peraturan yang mengharuskan tiap industri menetralkan limbah terlebih dahulu sebelum membuangnya. Untuk memenuhi persyaratan ini, banyak industri sudah menggunakan tangki IPAL WTP.

IPAL adalah singkatan dari Instalasi Pengolahan Air Limbah. Sedangkan WTP merupakan singkatan dari Water Treatment Plant. Semua ini adalah istilah yang digunakan untuk proses pengolahan limbah dalam bentuk liquid. Tentu pengolahan ini akan berbeda dari satu jenis industri ke industri lain, tapi yang jelas hasil akhirnya adalah bahan yang bisa diserap alam secara natural.

Bagi Anda yang masih tidak paham apa pentingnya penggunaan tangki IPAL  ini, mari bahas bersama Bengkel Fiberglass Indonesia di bawah ini!

tangki ipal wtp
Tangki IPAL WTP (Waste Treatment Plant), Bengkel Fiberglass Indonesia.

Membantu Pengembangan Teknologi Anti Limbah

Pengolahan limbah bisa dibilang sudah menjadi standar yang mendunia. Hampir semua industri yang diberi izin pemerintah sudah memiliki sistem pengolahan limbah yang baik. Hal ini juga ditujukan untuk mengembangkan industri yang tidak lagi bergantung pada teknologi yang terlalu banyak menghasilkan limbah.

Produk Terkait :  Harga Sepiteng Bio Fiberglass Anti Rayap

Perkembangan teknologi saat ini tentu membuat banyak teknologi baru yang lebih ramah lingkungan muncul. Tanpa ada tekanan dari pemerintah untuk menggunakan sistem pengolahan ini, tentu banyak industri yang tidak memiliki motivasi mengembangkan alat – alat yang lebih ramah lingkungan.

Memastikan Limbah Tidak Merusak Lingkungan

Limbah pada dasarnya adalah bahan sisa yang harus dibuang. Tergantung dari posisi industri tentu hal ini akan mengganggu area sekitar jika tidak diolah. Sebagai contoh saja industri karet yang berdekatan dengan pemukiman akan menyebabkan keracunan sungai jika limbah langsung dibuang di situ.

Limbah industri metal berat bahkan bisa membuat masalah kerusakan alam permanent. Kerusakan permanent ini tentu berbahaya. Bayangkan tanah yang tandus dan kering tanpa ada tanaman yang bisa tumbuh diatasnya. Jika limbah berupa cairan, sungai bisa jadi beracun dan membunuh semua makhluk hidup didalamnya.

Jika sudah begitu, efek pada manusia juga bisa timbul. Polusi seperti ini pada akhirnya hanya akan merugikan manusia saja. Sebagai contoh polusi sungai pasti akan membawa penyakit pada orang – orang yang memanfaatkan air sungai ataupun tinggal di sekitarnya. Jika sudah begitu, perusahaan tentu bisa dituntut karena membahayakan lingkungan dan orang – orang disekitarnya.

Produk Terkait :  Harga Tangki Kimia Fiberglass Tahan Karat Murah

Limbah Bisa Diolah Menjadi Energy

Pengolahan limbah juga penting untuk menghasilkan energy tambahan bagi industri. Beberapa limbah yang mengandung BOD dan COD melebihi batas 5000 mg/L bisa diolah dengan cara fermentasi. Hasil dari fermentasi ini adalah gas methane yang bisa digunakan untuk bahan bakar.

Tentu pemanfaatan limbah ini sangat menguntungkan bagi perusahaan. Menggunakan limbah yang tadinya hanya dibuang, mereka bisa dapatkan bahan bakar tambahan untuk menggerakan mesin ataupun kebutuhan lainnya.

Beberapa limbah cair dalam tangki IPAL WTP juga bisa ditampung dalam jumlah besar. Semakin besar limbah yang diproses, tentu hasil dari gas-nya akan menjadi lebih banyak. Banyak industri membangun bangunan pengolah limbah khusus dan membeli limbah dari perusahaan lain hanya untuk dapat memenuhi quota limbah yang ini.

Harga limbah tentu lebih murah daripada bahan gas bumi, jika sudah memiliki alat pemrosesannya, tentu lebih baik beli limbah daripada bahan bakar yang mahal. Tentu alat pengolahan bisa mahal, tapi energy yang bisa dihasilkan tentu menguntungkan.

Produk Terkait :  Harga Roof Tank Fiberglass Termurah Untuk Gedung Bertingkat

Proses Pengelolaan Bisa Menghasilkan Bahan Baku Baru

Limbah yang diproses dalam tangki IPAL WTP bisa juga diolah untuk kebutuhan bahan baku industri lain. Contoh yang paling mudah untuk hal ini ada pada industri pangan, pertanian dan peternakan. Semua limbah yang dihasilkan industri ini bisa diproses menjadi bahan baku pupuk, pakan ternak dan bahkan sejenisnya.

Bahan limbah yang diolah menjadi bahan baku baru ini tentu sangat menguntungkan. Bayangkan saja limbah yang seharusnya dibuang bisa dijual menjadi uang per kilogramnya. Jadi daripada dibuang, lebih baik limbah diolah untuk jadi penghasilan baru.

Bagaimana pendapat Anda soal pentingnya penggunaan tangki IPAL WTP untuk mengolah limbah sekarang? Mudah – mudahan dari penjelasan diatas, Anda lebih mendukung proses pengolahan limbah yang ditekankan oleh pemerintah. Terima kasih sudah membaca!

pesan via WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.