3 Cara Kerja Bio Septic Tank Menetralisir Limbah

Cara kerja Bio Septic Tank memang sangat ampuh untuk menetralisir limbah sehingga tidak mencemari lingkungan. Semua limbah, termasuk di dalamnya limbah medis, industri, domestik dan kimia memang harus diolah terlebih dahulu. Karena jika tidak dampaknya akan sangat berbahaya.

Produk tangki unggulan ini memang sangat populer karena efisien dalam menghilangkan zat dan virus berbahaya. Tangki ini memang sudah dibekali dengan teknologi paling mutakhir, sehingga limbah akan aman dialirkan ke selokan umum. Bagaimana sih cara kerja istimewa dari tangki ini? Berikut Bengkel Fiberglass Indonesia mengulas sistem kerjanya untuk Anda.

cara kerja bio septic tank
Bio Septic Tank 6000L, Bengkel Fiberglass Indonesia.

3 Cara Kerja Bio Septic Tank

Proses Penanganan Awal

Bio Septic Tank memiliki sistem kerja berteknologi modern yang bisa menjernihkan air limbah dengan maksimal. Dalam sistem Bio Septic Tank ini ada yang namanya proses penanganan awal atau proses pre treatment. Maksudnya, semua limbah yang masuk ke dalam tangki akan mengalami proses penanganan awal.

Dalam proses ini, limbah entah dari toilet atau bak cucian akan masuk terlebih dahulu ke dalam Grit Chamber. Namun untuk limbah dapur biasanya harus melewati Grease Trap terlebih dahulu. Maksudnya adalah untuk menghilangkan kandungan minyak/lemak yang ada pada limbah.

Produk Terkait :  Ukuran Kontainer Sampah Fiber Kapasitas 10M3

Jadi setelah semua limbah masuk ke dalam Grit Chamber, maka selanjutnya limbah tersebut akan disaring terlebih dahulu. Maksudnya sampah/limbah yang berukuran besar akan disaring terlebih dahulu, sehingga yang mengalir ke proses selanjutnya adalah air yang sudah agak bersih dan murni.

Proses penyaringan ini bertujuan agar sampah/limbah ukuran besar tersebut tidak akan mengganggu proses/sistem selanjutnya. Nantinya sampah/limbah ukuran besar akan dihancurkan terlebih dahulu menggunakan bakteri yang ada pada sistem cara kerja Bio Septic Tank.

Proses Pengolahan Limbah

Proses selanjutnya dalam cara kerja tangki unggulan ini adalah proses pengolahan limbah. Setelah air dipisahakan dari kotoran/limbah yang besar, tidak serta merta membuat air tersebut bersih dan aman. Namun harus diolah lebih lanjut sehingga air tersebut benar-benar aman dialirkan ke selokan umum.

Dalam proses pengolahan limbah ini ada lima fase/langkah yaitu Anoxic Chamber, An-aerob Chamber, Aerob Chamber, Sedimentation Chamber dan Chlorination Chamber. Lima fase ini bekerja secara serempak untuk memastikan bakteri jahat dalam limbah terbasmi seketika.

Produk Terkait :  Mengenal Fungsi dari Bio Septic Tank

Dalam fase Anoxic Chamber, air yang masih ada limbahnya akan diuraikan dengan bakteri dalam kondisi minim oksigen. Dalam An-aerob Chamber limbah tersebut akan dihancurkan dalam kondisi tanpa oksigen sama sekali. Setelahnya limbah akan masuk ke Aerob Chamber, dimana limbah penuh bakteri tersebut akan diuraikan secara aerobik.

Selanjutnya adalah proses Sedimentation Chamber, yaitu air akan dipisahkan dari kandungan lumpur, sehingga akan lebih jernih dan layak buang. Terakhir adalah proses Chlorination Chamber, dimana air tersebut akan diolah dengan zat disinfektan untuk memastikan bakteri dalam air benar-benar hilang.

Proses Effluent Tank

Setelah air limbah diolah sedemikian rupa sehingga benar-benar steril, maka selanjutnya air tersebut dialirkan ke Effluent Tank. Effluent Tank adalah tempat penampungan air limbah yang sudah bersih dan aman. Jika sudah penuh air tersebut akan dialirkan ke selokan umum.

Dengan adanya pompa submersible yang ada dalam sistem tangki maka proses pembuangan air bisa menjadi lancar. Jangan khawatir, air limbah yang sudah diprose benar-benar aman karena telah diuji secara klinis. Pastinya air yang terbuang tersebut sudah sesuai dengan BOD, COD, SS dan PH air asli.

Produk Terkait :  Tangki IPAL Potong Hewan Dengan Bakteri Pengurai

Demikianlah uraian tentang proses cara kerja Bio Septic Tank yang rumit namun hasilnya luar biasa. Jadi jika Anda ingin air limbah yang terbuang aman dan tidak mencemari air tanah, maka segera pindah haluan mengganti tangki biasa ke bio septic tank.

Jika anda berminat mendapatkan produk penuh manfaat ini, anda bisa menghubungi kami di Bengkel Fiberglass Indonesia. Dapatkan segera informasi lebih lanjut mengenai Bio Septic Tank dan penawaran harga yang menarik untuk anda dapatkan. Jangan lewatkan, semoga bermanfaat!.

pesan via WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.