Tips Memilih Tangki IPAL WWTP

Jika Anda memiliki usaha yang menghasilkan limbah, Anda sudah diwajibkan memiliki tangki IPAL WWTP. Tangki IPAL adalah tempat penampungan limbah cair untuk nantinya diolah menjadi netral agar tidak membahayakan lingkungan. Bagi yang tidak tahu, IPAL adalah singkatan dari Instalasi Pengolahan Air Limbah, jadi tentu saja tangki untuk proses ini harus khusus. Sedangkan WWTP memiliki arti Waste Water Treatment Plan.

Tergantung dari limbah yang Anda hasilkan, tentu saja tangki yang digunakan harus bisa menampungnya tanpa masalah. Beberapa limbah hasil industri bisa memiliki properti yang menggerus material logam. Jika Anda menggunakan tangki dari bahan metal seperti drum minyak, limbah ini bisa membuat karatan dan menyebabkan kebocoran lama – kelamaan.

Nah, jika tidak ingin hal ini terjadi pada Anda, Anda harus pastikan memilih tangki IPAL WWTP yang pas. Berikut adalah tips – tips yang bisa kami Bengkel Fiberglass Indonesia berikan pada Anda dapatkan untuk memastikan dapatkan tangki yang pas!

tangki ipal wwtp
Tangki IPAL WWTP Bengkel Fiberglass Indonesia.

Sesuaikan Bahan Tangki IPAL WWTP dengan Bahan Limbah

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bahan dari tangki harus sesuai dengan jenis limbah yang diolah. Anda tentu tidak ingin limbah dapat merusak tangki penampungnya bukan? Untuk masalah ini selalu ingat melakukan research terlebih dahulu.

Produk Terkait :  Bio Septic Tank Modern dan Canggih

Cari tahu bahan limbah yang usaha Anda hasilkan. Misal saja jika limbah Anda sebagai industri tahu membuang air sisa mencuci, merendam dan air bercampur ampas tahu, tentu tangkinya bisa menggunakan bahan drum biasa. Tapi jika sudah industri berat yang melibatkan bahan metal berat dalam kandungan limbah, tentu tangki yang lebih rapat dan berbahan fiber glass bisa jadi pilihan.

Lebih Pentingkan Keamanan Daripada Budget

Penggunaan tangki limbah ini tentu mahal harganya. Tapi Anda tidak boleh pelit pelit dalam meluangkan budget untuk ini. Tangki limbah yang beli murah dengan kualitas yang juga murahan, biasanya akan mengakibatkan lebih banyak masalah daripada tidak menggunakan tangki sama sekali. Hal seperti tangki yang terkorosi, tangki meledak karena tidak kuat tekanan ataupun memuai karena terlalu panas bisa terjadi jika tangki yang dipilih tidak baik. Jadi lebih baik keluarkan uang lebih tapi aman daripada mengalami kecelakaan seperti itu.

Tentukan Dulu Proses WWTP dari Tangki Tersebut

Dalam mengolah limbah banyak proses yang bisa digunakan. Mulai dari proses fermentasi, pengendapan dan penyaringan bisa dilakukan untuk menghasilkan limbah yang lebih aman. Tentu proses yang berbeda ini membutuhkan jenis tangki yang berbeda pula.

Produk Terkait :  Desain Standar FRP Water Tank ASTM Panel Kotak

Beberapa tangki untuk IPAL ada yang sudah dilengkapi peralatan khusus di dalamnya. Sebagai contoh saja tangki IPAL WWTP dengan built-in filter. Tangki IPAL ini tentu bertugas menjadi perantara penyimpanan sementara antara limbah dengan air yang bisa dinetralisir. 

Beberapa tangki juga harus memiliki output pipa dan tuas yang jelas untuk proses pengolahan. Contoh saja pipa yang dihubungkan dengan kompresor tentu harus memiliki katup khusus untuk pemasangan. Jika tidak, Anda tentu akan kesulitan merangkai alat tangki netralisir ini.

Lihat Perlengkapan Katup dan Pipa yang Bisa Dihubungkan

Seperti yang dijelaskan di atas, Anda perlu perhatikan katup dan pipa yang bisa dihubungkan ke tangki. Jangan sampai Anda sudah beli tangkinya, tapi pipa yang Anda gunakan berbeda ukuran dengan yang ada di pabrik. Tentu mengganti pipa bisa mudah, tapi proses ini tentu lebih memakan waktu daripada yang sudah pas sejak awal.

Sebisa Mungkin Konsultasikan Terlebih Dahulu Pada Penjual Tangki

Jika Anda merasa bingung dalam memilih tangki pengolah limbah ini, pastikan konsultasi dulu dengan yang menjual. Para penjual biasanya memiliki insight yang lebih baik pada jenis tangki yang Anda butuhkan.

Produk Terkait :  Kontainer Sampah 6M3 Anti Karat Bahan Fiberglass

Anda bisa coba jelaskan pada penjual proses pengolahan limbah yang Anda inginkan serta keterangan seputar limbah. Pastikan sertakan informasi banyak limbah yang dihasilkan per hari, jenis limbah dan juga posisi letak tangki saat dipasang. Semua ini bisa jadi info penting bagi penjual untuk merekomendasikan pada Anda tentang tangki yang cocok.

Sekian penjelasan tips – tips memilih tangki IPAL WWTP. Mudah – mudahan dengan bahasan ini, Anda terbantu dalam membeli tangki sendiri. Jika anda berminat mendapatkan produk ini, anda bisa menghubungi tim marketing kami di Bengkel Fiberglass Indonesia. Dapatkan segera informasi lebih lanjut dan penawaran harga yang menarik untuk anda dapatkan, jangan lewatkan. Terima kasih sudah membaca dan selamat mencoba tips di atas, semoga bermanfaat!

pesan via WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.